Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1436 H

Jadwal Imsakiyyah di Daerah Jakarta dan Sekitarnya

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena pada puasa 1 ramadhan 1436 H ini tidak ada perbedaan antara Muhammadiyyah dan NU, karena selama ini setiap menentukan jadwal puasa selalu ada perbedaan dalam menentukan waktu puasa karena perbedaan metode acara cara menentukan awal 1 ramadhan oleh dua ormas besar di Indonesia yaitu Muhammadiyyah dan Nahdatul Ulama atau NU, hal ini terjadi karena perbedaan cara menentukannya yaitu apabila Muhammadiyyah menentukan dengan cara Hisabul hilal dan Nahdatul Ulama mengunakan Rukyatul Hilal.

Penentuan tanggal 1 Ramadhan 1436 H di tahun 2015 ini pada saat ini kompak yaitu tanggal 18 Juni 2015. dan langsung di tetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia yaitu Lukman Hakim Saifuddin. hal ini sangat menggembirakan bagi kaum muslimin yang awam baik dari Ormas Muhammadiyyah ataupun dari Nahdatul Ulama. termasuk bagi saya yang awam dan kurang mengerti dengan cara atau metode Rukyatul Hilal atau Hisabul Hilal. Dengan adanya kebersamaan dalam menentukan awal ramadhan ini menjadikan ketenangan bagi semua kaum muslimin di Indonesia karena bisa puasa dan tawareh secara berbarengan.

Semoga di bulan ramadhan 1436 H ini kita bisa semakin meningkatkan kualitas diri kita dalam beribadah dan berkarya untuk bangsa dan negara, dan tidak menjadikan puasa sebagai suatu alasan untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan aktifitas apapun. Justru seharusnya kita bisa mencontoh kepada Rasulullah SAW yang menjadikan puasa sebagai suatu pendidikan karakter dan jiwa dalam memperkokoh tauhid dan keyakinan kita kepada Allah, karena pada saat Rasulullah dahulu, di bulan puasa ini banyak peristiwa penting dalam sejarah islam, beberapa peperangan yang dimenangkan oleh kaum muslimin di lakukan pada saat kaum muslimin sedang puasa, yang padahal pada saat itu secara kualitas dan kuantitas jumlah para sahabat Nabi Muhammad sangatlah tidak sebanding dengan pasukan Quraisy Makkah yang begitu lengkap dalam persenjataan dan perbekalan maupun jumlah pasukan, namun karena keyakinan kepada Allah yang tinggi, maka setiap peperangan yang dilaksanakan di saat bulan umat islam selalu menang.

Maka pada saat ini sudah bukan jamannya lagi saat bulan puasa, kita menurun dalam produktifitas kerja kita karena yang membedakan bekerja di bulan ramadhan dan bukan bulan ramadhan adalah perut kita yang lapar karena tidak makan siang dan minum di siang hari, namun apabila kita bekerja sepenuh hati dan jiwa serta berharap akan balasan Allah kepada kita atas pekerjaan kita, maka lapar dan dahaga bukan sebuah alasan untuk tidak maksimal dalam bekerja, karena semangat bukan lahir dari makanan yang kita konsumsi namun semangat bekerja lahir dari jiwa yang suci, semangat lahir dari hati bukan dari konsumsi.

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 1436 H untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsakiyyah Puasa Ramadhan 1436

Jadwal Imsakiyyah Puasa Ramadhan 1436

Semoga dengan melaksanakan Ibadah puasa sebulan penuh di tahun 1436 H / 2015 ini, Allah kembali mensucikan jiwa kita dan semakin meningkatkan rasa cinta kita kepada Allah SAW dan Nabi Muhammad SAW

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s